Dies Natalis #4 : Puncak Acara Dies Natalis Asrama IPB Sukasari

Rangkaian kegiatan Dies Natalis Asrama IPB Sukasari ke-61 ditutup dengan kegiatan acara puncak yang diselenggarakan pada Ahad 22 Desember 2013. Ada beberapa persiapan yang dilakukan panitia sebelum melaksanakan kegiatan ini, seperti kerja bakti, penataan panggung dan sebagainya. Hujan yang mengguyur Bogor dari pagi tak menyurutkan semangat teman-teman panitia dalam mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

Sebelum acara puncak dimulai, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, sebagian besar panitia berinisiatif untuk membagikan bunga kepada ibu-ibu yang rumahnya berada di lingkungan Asrama IPB Sukasari. Mereka pun menyambutnya dengan senang. Bahkan sebagian dari ibu-ibu ini mengaku baru kali ini mendapatkan ucapan selamat Hari Ibu.

sebar bunga dies natalis

Setelah kegiatan membagikan bunga selesai, panitia kembali mempersiapkan diri di sekitar panggung yang berada di halaman belakang Asrama IPB Sukasari. Tepat pukul 14.30, kegiatan acara puncak perayaan Dies Natalis Asrama IPB Sukasari dimulai. Acara ini sendiri dipandu oleh Rizki dan Taufik sebagai MC. Acara dibuka dengan pembacaan basmalah, tilawah oleh Bagus, dan dilanjukan dengan sambutan dari Ketua Asrama Muhammad Sarbaini, Ketua Pelaksana Dies Natalis Ridwan AR dan perwakilan alumni Reza Ramadhany. Sebelum dipersilakan turun, ketiganya diminta untuk ikut memotong tumpeng sebagai seremoni peringatan Dies natalis ini.

potong tumpeng

Sembari menunggu adzan ashar, acara dilanjutkan dengan pelantikan calon penghuni baru Asrama IPB Sukasari. Calon penghuni baru yang berjumlah 7 orang (seharusnya 8 orang) mengucapkan ikrar penghuni baru asrama yang dipandu oleh Ketua Asrama dan diteruskan dengan menyanyikan Hymne Asrama IPB Sukasari bersama-sama. Tak lupa ketujuh penghuni baru ini menyanyikan sebuah lagu untuk para panitia dan tamu undangan yang hadir pada acara puncak Dies Natalis ini.

penhuni baru

Setelah break sejenak untuk menunaikan shalat ashar, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba. Lomba-lomba ini berupa kejuaraan tenis meja antarpenghuni asrama dan futsal antarasrama yang telah diselenggarakan pada tanggal 8 dan 15 Desember 2013. Masing-masing juara 1-3 tiap lomba berhak mendapatkan piagam serta hadiah dari panitia. Panitia juga memberikan piala bagi juara 1 masing-masing lomba. Sebagai review, juara 1-3 lomba tenis meja secara berurutan dimenangkan oleh Taufik, Bagus dan Toni. Sedangkan juara 1-3 kejuaraan futsal antarasrama secara berurutan diberikan kepada Asrama Ekasari, Felicia dan Sukasari.

juara futsal

Acara diteruskan dengan seremoni pelepasan balon dengan harapan bahwa kegiatan Dies Natalis Asrama IPB Sukasari akan terus diselenggarakan setiap tahunnya dan berlangsung lebih lancar dan lebih meriah lagi. Pelepasan balon ini yang dilakukan oleh ketua pelaksana Dies Natalis, Koordinator Asrama IPB Sukasari dan perwakilan alumni.

pelepasan balon

Diantara para tamu undangan yang datang, hadir pula Bapak Suryadi dan Ibu Ratna. Beliau berdua merupakan mantan pegawai asrama yang telah 20 tahun lebih bekerja di Asrama IPB Sukasari ini. Tak lupa, Bapak Suryadi dan Ibu Ratna memberikan wejangan kepada kita semua untuk terus menjaga tali silaturahim antara penghuni, alumni dan mantan pegawai asrama.

bu ratna
pak suryadi

Untuk mengisi waktu, panitia memberikan beberapa kuis kepada penghuni dan tamu undangan yang hadir. Kuis ini antara lain berupa menyebutkan nama lengkap panitia dan tamu undangan yang datang, ucapan kasih sayang kepada orang terdekat dan lain-lain. Hadiahnya pun cukup menarik, yakni pin, book notes dan sebagainya.

pemenang doorprize

Sambil menyantap hidangan yang telah disediakan panitia, acara puncak Dies Natalis Asrama IPB Sukasari dilanjutkan dengan pemutaran video dokumenter yang telah dipersiapkan panitia. Video dokumenter ini berisi foto-foto kegiatan penghuni dari tahun 80-90an sampai saat ini. Sebagai penutup rangkaian kegiatan ini, dilakukan pembubuhan tandatangan serta foto bareng seluruh panitia dan tamu undangan yang hadir.

tandatangan

foto bersama

Bagi yang masih bersantai sembari menunggu adzan maghrib, acara diisi dengan penampilan dari tiap blok. Secara berurutan, blok Vigilantia, Jagur, Jambrong, Nonblok+Eragros, dan Jangkrik tampil diatas panggung untuk menghibur audience.

vigilantia